RENOVASI UNTUK PERSIAPAN RUANG BACA SMK SIROJUL HUDA 3, CIJERUK

Setelah menyelesaikan Rumah Baca dan renovasi selasar di Yayasan Yatim Piatu An Nuur di Setu-Bekasi, pengurus MaPaFoundation melanjutkan kerja sosialnya, dengan mencari lokasi lain untuk mendirikan perpustakaan.

Pencarian membawa kami ke Kawasan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Kami melihat lokasi perpustakaan sederhana di area asrama Yatim Sirojul Huda, ditemani oleh Mas Cokro dan isteri, sebagai pengurus Yayasan yatim, sekolah SMK dan Taman Pendidikan Quran di area Yayasan.

Sepakat untuk menyediakan bahan bacaan yang baik dan bermutu untuk anak didik dan anak lain yang tinggal di sekeliling area sekolah, pengurus MaPa Foundation mulai merencanakan lokasi Ruang Baca Sirojul Huda 3 tersebut. “Banyak anak-anak yang tinggal di dekat sini, belajar agama Islam dan sorenya bisa memanfaatkan waktu luang mereka dengan membaca buku” tutur Mas Cokro. “Banyak pula yang sering main di lapangan Yayasan kami, yang kebanyakan berasal dari keluarga yang kurang sejahtera. Jadi dengan adanya Ruang Baca, mereka punya kegiatan positif lain untuk bermain dan belajar”, jelas Mas Cokro.

“Minat baca dan keingintahuan mungkin sudah ada dan perlu ditingkatkan. Masalah utama adalah tidak adanya fasilitas, berupa buku. Keadaan inilah yang ingin diperbaiki oleh MaPa Foundation, dengan bekerjasama menyediakan Ruang Baca Sirojul Huda 3 ini”, jelas Juliani W. Luthan, Ketua Yayasan Mahapadma Parartha (MaPa Foundation).

Pilihan jatuh ke ruangan yang masih bisa difungsikan sebagai perpustakaan, di Gedung sekolah SMK. Ruangan akan disekat, dicat, diberi penerangan dan dilengkapi dengan rak-rak buku yang kokoh, yang bisa mengakomodir koleksi buku-buku lama serta tambahan buku baru, yang akan disediakan oleh MaPa Foundation.

Ternyata dengan intensnya curah hujan di penghujung 2019 hingga awal 2020 ini, mengakibatkan ruangan mengalami kebocoran. Untuk itu, Mas Cokro dibantu oleh anak-anak Yayasan Yatim, bekerja bahu-membahu menambal kebocoran, agar kelak setelah selesai, Ruang Baca aman menampung buku perpustakaan.

Setelah beberapa waktu renovasi atap dak pun selesai. “Alhamdulillaaah selesai renovasinya, Ruang Baca bisa dipakai sesuai fungsinya nanti, dengan nyaman”, kata Mas Cokro sambil tersenyum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *