PEMBUKAAN RUMAH BACA ISTIQOMAH DI JATIBENING

Sesuai dengan visi misinya, Yayasan Mahapadma Parartha (Mapafoundation) mempersiapkan sebuah Rumah Baca. Bekerjasama dengan Yayasan Yatim Piatu Istiqomah, disiapkan rumah baca, yang menyediakan fasilitas perpustakaan kecil, yang menyediakan buku-buku dalam berbagai minat, yang diperuntukkan bagi anak-anak yatim di panti, dan terbuka pula untuk pembaca anak-anak dan dewasa, di lingkungan sekitar.

Dalam perencanaan proyek pertama Mapafoundation ini, disaat yang bersamaan, Yayasan Istiqomah juga baru saja merenovasi ruangan-ruangan di lantai satu, yang sedianya dibikin untuk ruang belajar bersama. Mapafoundation meraih kesempatan dengan uluran kerjasama, untuk mengembangkan fasilitas baca di lingkungan tersebut.  Ruang diisi dengan rak-rak buku yang kokoh, dilengkapi area baca yang nyaman dengan meja dan kursi, karpet, kipas angin, whiteboard dan juga computer desktop. Rumah Baca Istiqomah ini dibuka tanggal 29 Desember 2018, ditandai kenduri kecil untuk merayakannya, bersama anak yatim dan perwakilan karyawan Cakra International.

Sebagaimana diketahui, angka minat baca di Indonesia termasuk yang paling rendah di Asia. Akses terhadap bahan bacaan berkualitas juga masih sangat sedikit. Oleh karenanya Mapafoundation berupaya menggerakkan sumberdaya yang ada, dengan menyediakan akses bahan bacaan di Rumah Baca Istiqomah ini. Ruang Baca dibuka untuk umum, dan diharapkan dapat berkembang, bertambah koleksinya, guna memupuk minat baca, memperdalam pengetahuan, meningkatkan kreativitas serta upaya pengembangan diri.

Pengurus Mapafoundation mempersiapkan koleksi buku berkualitas yang beragam, mulai dari bacaan ensiklopedia social, sejarah dan ilmu alam, kamus, novel fiksi, dan susastra Indonesia, dongeng anak-anak Nusantara dan mancanegara, buku pengembangan diri, pengetahuan agama, budi pekerti serta ilmu-ilmu aplikatif. Buku telah dilengkapi dengan identitas dan kartu perpustakaan, yang mana harapannya bisa dikelola oleh anak-anak Yayasan Yatim Piatu yang bertugas sebagai pustakawan.

Ayoo… Mari membaca dan memupuk literasi, demi masa depan yang lebih baik dan jati diri yang lebih berkualitas. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *