AYO MEMBACA !

Angka minat baca Indonesia termasuk yang paling rendah di negara-negara Asia. Minat baca tidak bisa dipupuk dari sejak kecil, salah satunya akibat rendahnya akses terhadap buku di berbagai daerah.

Pendidikan formal secara umum juga masih belum mampu mendongkrak kebiasaan membaca di tanah air, karena sekolah kurang membudayakan upaya riset kepustakaan. Demikian pula halnya bagi ruang pendidikan non formal, di mana peserta didiknya sebagian besar adalah pekerja penuh waktu, menumbuhkan minat baca juga merupakan tantangan yang lebih tinggi lagi.

Yayasan MP ingin menginisiasi upaya untuk mengatasi hal itu, dengan mengelola fasilitas pustaka-pustaka kecil yang cukup kaya, mampu berkembang dan berkelanjutan, dimana:

  • Anak-anak di komunitas dan lingkungan target senantiasa didorong untuk membaca buku sebagai kegemaran.
  • Anak-anak didorong untuk senantiasa memberikan informasi buku yang ingin dibaca. Penambahan koleksi dilakukan berdasarkan wish-list ini.
  • Buku-buku di perpustakaan boleh dibawa pulang, dan gratis (kecuali ada keterlambatan, kerusakan, atau hilang)
  • Anak-anak dibimbing untuk membaca satu buku bahasa Inggris dalam tingkat kesulitan tertentu.

 

Ruang Baca dibuka pula untuk umum, melayani masyarakat sekitar dalam peningkatkan literasi, kreativitas dan pengembangan diri.

Target Pengembangan “Ruang Baca Kita”

Ruang Baca Kita merupakan program yang disediakan YMP untuk melayani anak-anak komunitas maupun peminat baca yang lebih dewasa. Yayasan megembangkan target daerah atau komunitas yang memerlukan persemaian minat baca, dengan menyediakan fasilitas dan materinya. Selanjutnya Ruang Baca Kita ini dapat diselenggarakan secara mandiri oleh pengelola target bantuan, yang sekaligus melatih kemampuan mereka untuk menjadi pustakawan.

Berikut adalah beberapa kategori Buku yang menjadi fokus koleksi Ruang Baca Kita:

Ruang Baca ini dilengkapi dengan sistem informasi perpustakaan.