Hobi Baru di Teras Yayasan Yatim Piatu An Nuur, Setu-Bekasi

Yayasan Mahapadma Parartha (MaPaFoundation) melangkah ke proyek pembangunan Rumah Baca selanjutnya. Kali ini pengurus bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan dan Yatim Piatu An Nuur, yang berlokasi di Kawasan Setu Bekasi Timur. Berangkat dari sebuah rumah kecil di depan asrama yatim piatu, yang terbengkalai dan tidak terselesaikan, para pengurus bahu membahu merubahnya menjadi sebuah Rumah Baca mungil, yang terasnya juga difungsikan untuk belajar mengaji tiap sore.

“Yayasan Mahapadma membantu menyediakan bahan bangunan, serta ikut bergotong royong untuk menyelesaikan pembangunan rumah kecil, yang bisa kita fungsikan sebagai Rumah Baca”, cerita Juliani W. Luthan, Ketua Yayasan. “Sayang sekali kalau hanya jadi Gudang yang tidak terurus, sementara bangunan ini letaknya di depan asrama. Sungguh ideal bila kita fungsikan menjadi  perpustakaan kecil buat Desa Tamansari ini”.  Demikian lah, bangunan ini selesai, dicat, diberi penerangan, kipas angin, meja kursi, serta rak buku yang dilengkapi ratusan judul buku dengan berbagai tema menarik. Tidak lupa disiapkan meja pendek dan karpet, buat anak-anak “melantai” dan membaca.

‘Selain anak-anak yang tinggal di Rumah Yatim, sekitar sini juga banyak anak-anak TK dan SD yang antusias dengan hadirnya berbagai buku bacaan di Rumah Baca An Nuur. Mereka senang ngumpul dan membaca buku-buku yang diminati,” tutur Pak Gofur, Pembina Yayasan Yatim Piatu An Nuur. “Demikian juga anak-anak yang belajar di Taman Pendidikan Quran (TPA) yang diselenggarakan Yayasan An Nuur. Selesai belajar ngaji, mereka langsung melihat-lihat buku dan mengambil judul yang menarik perhatiannya, lalu duduk membaca di teras”, jelasnya. Rumah Baca An Nuur pun sudah beroperasi sejak Oktober 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *