Edukasi Siswa Melalui Mitigasi Bencana, Mapa Foundation Gelar Diskusi Karsa Lestari

Jangkar Jiwa Media: Sabtu, 18 Juni 2022
Seringnya terjadi bencana alam yang mengancam kehidupan, maka untuk lebih memahami dan peduli terhadap upaya mengantisipasi dan menanggulangi peristiwa tersebut, Yayasan Maha padma Parartha (Mapa Foundation) bekerja sama dengan Sekolah Bumi (Paguyuban Alumnus Geologi ITB) dan SMK Sirojul Huda 3 menggelar Serial Diskusi Karsa Lestari dengan mengangkat tema “Mitigasi Bencana Geologi”.

kegiatan yang dilaksanakan di Aula Jangkar Jiwa SMK Sirojul Huda 3 dihadiri oleh 60 orang peserta dari perwakilan OSIS SMA/ SMK di Kecamatan Cijeruk, Caringin dan Cigombong serta perwakilan Pramuka DKR (Dewan Kerja Ranting), Purna Paskibra Kecamatan (PPK) dan KNPI Kecamatan Cijeruk ini berlangsung dinamis dan interaktif.
Panitia dari Sekolah Bumi yang mengampu kegiatan mampu membawa suasana hangat meskipun dengan materi yang cukup berat, para siswa bisa mencerna materi yang disampaikan oleh Dosen Universitas Pertamina, Epo Prasetya Kusuma, S.T, M.Sc mengenai pengenalan ilmu kebumian, jenis bencana kebumian yang mengancam kehidupan dan mitigasi bencana diselingi dengan video interaktif serta Quis online oleh pembawa acara dari Sekolah Bumi.
Dimoderatori oleh Ir.H. Anil Muzachir, MBA, MSC (Ketua Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan Daerah/FKP3D Bogor) yang selain memberikan wawasan tambahan tentang mitigasi bencana di lapangan juga mampu memoderasi diskusi sesuai dengan alam pikir generasi milenial para peserta yang mayoritas adalah pelajar menengah atas ini.
Menurut Juliani W Luthan, S. Sos sebagai ketua Mapa Foundation, “Kegiatan ini memang didedikasikan untuk generasi muda pelajar agar sedini mungkin memiliki rasa kepedulian, wawasan kebencanaan dan keinginan untuk berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana di lingkungan sekitar mereka.” Demikian Mbak Ani, biasa dia disapa menyampaikan.
Pada kesempatan lain, kepala SMK Sirojul Huda 3, Heri Mardi Purwanto,S.Pd menjelaskan bahwa, “Dengan kegiatan diskusi ini, selain untuk memberikan wawasan kebencanaan kepada peserta juga diharapkan mampu menjadi media silaturahmi bagi para pengurus OSIS dari SMA/SMK di wilayah Kecamatan Cijeruk, Caringin dan Cigombong untuk bisa menjadi bagian dari warga yang mampu memberi kontribusi aktif serta bisa membangun kolaborasi antar sekolah untuk menciptakan iklim kondusif bagi kemajuan proses pembelajaran yang lebih peduli terhadap lingkungan.” Demikian Heri Memungkasi.
Acara ini juga diselingi oleh penampilan pantomime “alam dan bumi” serta lagu sholawatan yang apik dari Teater Asik dan Karinding Sholawat SMK Sirojul Huda 3.
Kemudian Risa Triandari, ST, M.Sc sebagai wakil dari Sekolah Bumi menegaskan bahwa tujuan dari kegiatan adalah untuk mengajak generasi muda pelajar yang tergabung dalam OSIS memiliki kepedulian dan meningkatkan kewaspadaan dalam memahami isu lingkungan, kebencanaan dan mitigasi bencana dan mampu berperan untuk menjadi penyelamat warga serta menciptakan lingkungan yang aman dalam menopang kehidupan.
(Ckr03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.